Penulis Utama : Reni Anggarani Pamungkas
NIM / NIP : K7411123
×

ABSTRAK


Masalah   rendahnya   pemahaman   konsep   siswa   pada  mata  pelajaran ekonomi disebabkan oleh ketidaksesuaian antara metode pembelajaran yang diterapkan dengan kemampuan dan minat siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu metode  pembelajaran  alternatif  yang  sesuai  dengan  kemampuan  dan  kondisi siswa. Untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran yang efektif dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk   mengetahui   perbedaan   pengaruh   penerapan   Think   Pair   Share   dan Numbered Heads Together terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  dengan  True Experimental Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05/2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,663 > ttabel = 2,002 dan Pvalue
= 0,010 < 0>dapat menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (85,00 > 80,77) didukung dengan persentase aspek pemahaman konsep ekonomi menunjukkan bahwa melalui penerapan  Think  Pair Share  lebih  dapat  mengoptimalkan  pemahaman  konsep mata pelajaran ekonomi siswa dibandingkan dengan Numbered Heads Together.


Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif, pola pikir, pola interaksi, pemahaman konsep

 

×
Penulis Utama : Reni Anggarani Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411123
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Think Pair Share dan Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Akuntansi - K7411123-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus.,
2. Elvia Ivada, S.E., M.Si, Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.