Penulis Utama : Dita Maharni
NIM / NIP : M3115045
×

ABSTRAK

Pemilihan mahasiswa berprestasi adalah kegiatan untuk memilih dan memberikan penghargaan kepada siswa yang mencapai kinerja tinggi dalam kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Dalam penentuan mahasiswa berprestasi tidaklah mudah karena didasarkan pada banyak kriteria. Proses seleksi mahasiswa berprestasi yang selama ini telah dilakukan terasa kurang sistematis. Untuk menangani hal tersebut perlu dibuat sebuah sistem pendukung keputusan mahasiswa berprestasi yang dapat membantu proses penentuan mahasiswa berprestasi secara sistematis dan terstruktur, hingga akhirnya didapatkan hasil yang sesuai dengan kriteria.
Metode penelitian yang diterapkan untuk merancang dan membuat sistem pendukung keputusan ini adalah dengan menggunakan metode penelitian Waterfall yaitu Persiapan, Analisis dan Desain, Implementasi dan Testing. Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Berprestasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis framework Codeigniter dan database MySQL. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai jalan pemecahan masalah karena sesuai dengan perhitungan dalam menentukan mahasiswa berprestasi yakni dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut.
Sistem terdiri dari fungsi manajemen data calon Mahasiswa Berprestasi dan hasil rekomendasi Mahasiswa Berprestasi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan pengguna. Pengujian Black Box yang telah dilakukan menunjukkan bahwa setiap fungsionalitas sistem dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keluaran sesuai yang diharapkan.
Kata kunci: Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting

 

×
Penulis Utama : Dita Maharni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115045
Tahun : 2018
Judul : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Dengan Metode Simple Additive Weighting Studi Kasus : Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firma Sahrul Bahtiar., S.Kom, M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.