Penulis Utama : Selfia Ermawati
NIM / NIP : C0913043
×

ABSTRAK


Latar belakang proyek Tugas Akhir  ini adalah banyaknya peminat produk cinderamata batik khas Bayat namun pengrajin tidak mampu untuk memenuhinya. Serta diharapkan hasil perancangan ini menambah keanekaragaman produk cinderamata khas Bayat dan dapat sebagai sumbangan ide kepada para pengrajin batik di Bayat untuk melihat potensi lokal yang dapat diangkat menjadi produk cinderamata.
Metode yang dipakai yaitu metode desain dengan melewati 3 tahap yakni metode   perancangan,   konsep   dan   visualisasi.   Untuk   metode   perancangan melewati  tahap  Analisis  permasalahan,  Strategi  pemecahan  masalah, Pengumpulan  data,  Uji  coba,  dan  menentukan  Gagasan  awal  perancangan. Konsep meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan lima produk cinderamata batik dengan sumber ide “Genthong Sinaga” salah satu icon Objek wisata religi
makam   Pandanaran   Bayat   dengan   penggambaran   dekoratif.   Teknik   yang digunakan  dalam  perancangan  ini  adalah  batik  tulis.  Teknik  pewarnaan  tutup celup menggunakan zat pewarna alam dengan bahan baku dari Kliko Mahoni. Bahan menggunakan kain  primissima, sutera dan tenun karena memiliki sifat mudah menyerap warna dan keringat sehingga cocok digunakan untuk pewarnaan alam dan diaplikasikan pakaian.

Kata Kunci : Batik Tulis, Cinderamata, Genthong Sinaga, Bayat

 

×
Penulis Utama : Selfia Ermawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913043
Tahun : 2018
Judul : Perancangan Produk Batik Bayat sebagai Cinderamata Wisata
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2018
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain, Prog. Studi Kriya Tekstil- C0913043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Sn.
2. Sujadi Rahmat Hidayat. S.Sn, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.