Penulis Utama : Dika Pujiastuti
NIM / NIP : D0314020
×

ABSTRAK

Alun-alun merupakan ruang terbuka yang menjadi poros atau pusat suatu kota. Alun-alun mempunyai fungsi utama sebagai ruang publik untuk masyarakat, tempat berinteraksi, hiburan, bermain, berdagang, dan kegiatan pemerintahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi pengunjung terhadap alunalun Kabupaten Boyolali sebagai destinasi wisata dan ruang publik. Penelitian ini menggunakan teori Ruang Publik dari Jurgen Habermas dan teori Motivasi dari Abraham Maslow. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian adalah pengunjung alun-alun dan dinas-dinas terkait. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Lokasi penelitian ini di Alun-alun Kabupaten Boyolali dan Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi data. Teknik analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alun-alun Kabupaten Boyolali dan
para pelaku wisata didalamnya mempunyai berbagai karakteristik tersendiri.Alunalun sebagai destinasi wisata ditunjukkan dengan atraksi yang ada seperti pentas musik malam minggu, dan daya tarik berupa ikon yang menjadi daya Tarik wisatawan. Akses menuju alun-alun sangat mudah dengan jalan yang beraspal, beberapa akses pintu masuk yang memudahkan pengunjung. Akomodasi di kawasan alun-alun ada hotel, restoran, dan tempat makan. Pelayanan tambahan di alun-alun meliputi lembaga pengelolaan, fasilitas penunjang seperti bank, ATM, pos keamanan polisi, dan mini market. Alun-alun sebagai ruang publik dapat dilihat dari berbagai faktor kehidupan yang ada di sana seperti sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Faktor internal mereka datang ke alun-alun karena keinginan pribadi dan kebutuhan mereka dan faktor eksternalnya adalah ajakan teman, keluarga dan sosial media. Dengan adanya alun-alun juga menimbulkan dampak bagi masyarakat baik positif maupun negatif. Dikaji dengan teori ruang publik, alun-alun Kabupaten Boyolali digunakan sebagai tempat untuk berdiskusi tentang berbagai topik pembahasan. Motivasi pengunjung yang datang ke alunalun untuk berwisata beragam sesuai dengan kajian dari Abraham Maslow, seperti motivasi yang bersifat fisik sampai motivasi karena status.

Kata Kunci : Representasi, Alun-alun, Destinasi Wisata, Ruang Publik

 

×
Penulis Utama : Dika Pujiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314020
Tahun : 2018
Judul : Representasi Alun-Alun sebagai Destinasi Wisata dan Ruang Publik (Studi pada Pelaku Wisata di Alun-Alun Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Sosiologi-D0314020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.