Penulis Utama : Ervan Dwi Nugroho
NIM / NIP : B3215020
×

ABSTRAK

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengaruh SOP Dalam Penyelenggaraan Event. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan event, kendala yang dihadapi ketika pelaksanaan event, dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.
Teknik pengumpulan data dalam penulisan laporan ini dilakukan dengan cara observasi yaitu melakukan praktek kerja langsung di PT. Jawara Kreasitama atau Sembilan Communication Yogyakarta, interview yaitu melakukan wawancara langsung terhadap staff event department untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian, studi dokumen untuk mendapatkan data yang dibutuhkan melalui arsip data yang dimiliki Sembilan Communication Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah proses pengerjaan event oleh Sembilan Communication Yogyakarta mulai dari tahap pra event yang terdiri dari pembuatan konsep, pemilihan tempat dan perijinan, pembentukan panitia, dan penyusunan rundown. Kemudian tahap yang kedua adalah pelaksanaan event yaitu berjalannya event sesuai dengan rundown yang telah disusun dan tahap ketiga adalah tahap pasca event yang terdiri dari evaluasi dari client dan Sembilan Communication serta laporan akhir hasil event.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan SOP Sembilan Communication Yogyakarta memberi dampak positif terhadap hasil event yang diselenggarakan. Kendala yang dihadapi berasal dari persiapan yang kurang matang serta kelalaian sumber daya manusia dan cara mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan melakukan persiapan yang optimal serta ketelitian yang harus diterapkan oleh sumber daya manusia.

Kata Kunci : Standar Operasional Prosedur, Sembilan Communication Yogyakarta, Penyelenggaraan Event.

 

×
Penulis Utama : Ervan Dwi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215020
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Sop (Standar Operasional Prosedur) dalam Penyelenggaraan Event di PT. Jawara Kreasitama atau Sembilan Communication Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Usaha Perjalanan Wisata-B3215020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugiman, S.E. M.M.
2. Wahyuningsih, S.E.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.