Penulis Utama : Indah Tri Hastiwi
NIM / NIP : C0214037
×

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk eufemisme dalam berita politik pada harian Kompas edisi Januari-Februari 2018 dan (2) Bagaimana referen eufemisme dalam berita berita politik pada harian Kompas edisi Januari-Februari 2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk eufemisme dalam berita berita politik pada harian Kompas edisi Januari-Februari 2018 dan (2) Mendeskripsikan referen eufemisme dalam berita politik pada harian Kompas edisi Januari-Februari 2018.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah harian Kompas edisi Januari-Februari 2018. Data pada penelitian ini adalah kalimat yang terdapat eufemisme dan objek pada penelitian ini adalah eufemisme dalam tataran kata dan frasa. Metode penyediaan data pada peelitian ini adalah metode simak dan tekniknya adalah teknik catat. Klasifikasi data pada penelitian ini berdasarkan bentuk dan referen. Analisis menggunakan metode agih dan padan, sedangkan tekniknya menggunakan teknik bagi unsur langsung, perluas, lesap, pilah unsur penentu, dan ganti. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bentuk eufemisme pada harian Kompas edisi Januari – Februari 2018 yaitu dalam tataran kata dan frasa. Dalam eufemisme pada harian Kompas edisi Januari – Februari 2018 ditemukan data kata dasar, data kata ulang, data kata berafiks prefiks, data kata berafiks konfiks, data kata berafiks sufiks, data kata verba, data kata nomina, data kata adjektiva, data frasa endosentrik, data frasa eksosentrik, data frasa nomina, dan data frasa verba.  Referen eufemisme pada harian Kompas edisi Januari – Februari 2018 dapat ditemukan referen aktivitas, referen bagian tubuh, referen benda atau hal, referen sifat atau keadaan, referen orang, referen profesi, referen kejahatan dan pidana, dan referen kematian.

Kata kunci  : Eufemisme, bentuk, dan referen.  

 

×
Penulis Utama : Indah Tri Hastiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214037
Tahun : 2018
Judul : Eufemisme dalam Berita Politik pada Harian Kompas Edisi Januari-Februari 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia-C0214037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hesti Widyastuti, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.