Penulis Utama : Young Ari Kusworo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308045
Tahun : 2018
Judul : Efek Akut Pemberian Stretching Statis Aktif dan Pasif terhadap Fleksibilitas Hip pada Karateka Universitas Muhammadiyah Surakarta Ditinjau dari Jenis Kelamin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121308045-2018
Subyek : STRETCHING STATIS AKTIF DAN PASIF, FLEKSIBILITAS HIP, FLEKSIBILITAS PRIA DAN WANITA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Stretching adalah salah satu cara untuk meningkatkan fleksibilitas hip. Banyak metode
stretching yang dapat diaplikasikan, salah satunya stretching statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek akut stretching statis aktif dan pasif terhadap fleksibilitas hip pada karateka putra dan putri Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen dengan rancangan four groups pretest and Posttest design Populasinya adalah karateka Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel sebanyak  20  orang dibagi  menjadi  4  kelompok  yang masing-masing terdiri  5  orang dibagi menjadi      kelompok  stretching  statis  aktif  karateka  putra,  kelompok  stretching  statis  pasif karateka putra, kelompok stretching statis aktif karateka putri dan kelompok stretching statis pasif karateka putri. Pengambilan data dengan diberikan tes awal sebelum latihan dan setelah latihan kembali di ambil datanya. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan Goniometer.
Hasil akhir diketahui bahwa terdapat efek akut stretching statis aktif terhadap fleksibilitas hip pada karateka putra (nilai p = 0,013), terdapat efek akut stretching statis pasif terhadap fleksibilitas hip pada karateka putra (nilai p = 0,008), terdapat efek akut stretching statis aktif terhadap fleksibilitas hip pada karateka putri (nilai p = 0,000), terdapat efek akut stretching statis pasif terhadap fleksibilitas hip pada karateka putri (nilai p = 0,000). Terdapat efek akut tidak signifikan stretching statis aktif dan pasif pada karateka putra (nilai p = 0,282), terdapat efek akut tidak signifikan stretching statis aktif dan pasif pada karateka putri (nilai p = 0,291), terdapat efek akut tidak sifnifikan stretching statis aktif pada karateka putra dan putri (nilai p = 0,221), terdapat efek akut tidak signifikan stretching statis pasif pada karateka putra dan putri (nilai p = 0,454).
Kesimpulan : (1) Terdapat efek akut stretching statis aktif dan pasif pada fleksibilitas hip karateka putra dan putri Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2) tidak ada perbedaan pengaruh antar faktor yang diteliti dikarenakan Terdapat efek akut namun tidak signifikan.

Kata Kunci : stretching statis aktif dan pasif, fleksibilitas hip, fleksibilitas pria dan wanita

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Prof. Dr. H. Muchsin Doewes, dr, AIFO.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana