Penulis Utama : Wakhid Ansori
NIM / NIP : F1316102
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris ada tidaknya fenomena Flypaper Effect di Kabupaten/Kota yang memiliki karakteristik unggulan pada sektor pariwisata di Pulau Bali dan Nusra tahun 2012-2016. Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh Dana Perimbangan yang terdiri dari Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil terhadap Belanja Daerah serta menguji pengaruh PAD terhadap Belanja Daerah.
Populasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra. Metode purposive sampling dilakukan untuk pengambilan sampel dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 187 sampel. Penelitian time series ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Pengujian data dan hipotesis yang digunakan berupa analisis regresi berganda dengan menggunakan program IBM Statistics Version 23. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dana Perimbangan dan PAD baik secara serentak ataupun individual berpengaruh positif terhadap Belanja Daerah. Hasil lainnya adalah terjadi fenomena Flypaper Effect pada Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra tahun 2012-2016. Hal ini terlihat dari pengaruh Dana Perimbangan terhadap Belanja Daerah lebih besar daripada pengaruh PAD terhadap Belanja Daerah.

Kata Kunci : Flypaper Effect, Dana Perimbangan, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil, Belanja Daerah.

×
Penulis Utama : Wakhid Ansori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1316102
Tahun : 2018
Judul : Fenomena Flypaper Effect atas Aliran Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis-Prog Studi Ilmu Akuntasi-F1316102-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muthmainah, M.Si., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.