Penulis Utama : Ali Maruf
NIM / NIP : S861602008
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan model pembelajaran sejarah yang selama ini digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 4 Purwokerto, (2) mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis nilai Babad Banyumas Wirjaatmadjan melalui PBL dan VCT untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa, (3) menguji efektifitas dari penerapan model pembelajaran sejarah berbasis nilai Babad Banyumas Wirjaatmadjan melalui PBL dan VCT pada siswa SMA Negeri 4 Purwokerto.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan desain pengembangan Dick and Carey dengan langkah-langkah yang disesuaikan kebutuhan peneliti. Tahap studi pendahuluan menggunakan metode kualitatif dari Hubermas dan pada tahap implementasi model pembelajaran menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sokaraja sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran sejarah yang digunakan di SMA Negeri 4 Purwokerto masih sebatas pada sejarah yang bersifat nasional dan belum menggunakan sumber-sumber lokal, (2) pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis nilai Babad Banyumas Wirjaatmadjan melalui PBL dan VCT didasarkan pada pemecahan masalah dan nilai-nilai sikap kepemimpinan yang mengarahkan siswa untuk aktif pada proses pembelajaran, (3) keefektifan model pembelajaran sejarah berbasis nilai Babad Banyumas Wirjaatmadjan melalu PBL dan VCT dalam pembelajaran sejarah berhasil meningkatkan prestasi dan sikap kepemimpinan siswa. Hal ini ditujukan dengan uji independent test diperoleh 8,517 dengan taraf signifikansi 0,00. Sedangkan pada uji efektifitas sikap dengan uji independent test diperoleh 4,137 dengan taraf signifikansi 0,00.

 

×
Penulis Utama : Ali Maruf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861602008
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Hindu Budha Berbasis Nilai Babad Banyumas Wirjaatmadjan melalui PBL dan VCT untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861602008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.