Penulis Utama : Oka Tamaraningtyas
NIM / NIP : K7114125
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flashcard pada siswa kelas II SD Negeri Karangasem II Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan 31 siswa kelas II salah satu SD di Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018.  Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan mulai dari 16,06% pada pratindakan, menjadi 24,19% pada siklus I, meningkat kembali menjadi 75,81% pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi 90,32% pada siklus III. Masih terdapat 9,68% (2 siswa) yang masih memperoleh nilai <75>Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Flashcard, keterampilan berhitung, perkalian

×
Penulis Utama : Oka Tamaraningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114125
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114125-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Lies Lestari, M.Pd.
2. Dr. Riyadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.