Penulis Utama : Gayuh Risdian Saputro
NIM / NIP : S061502005
×

Abstrak

Novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn mengulas tentang permasalahan kehidupan rumah tangga dalam masyarakat. Novel tersebut diulas menggunakan kajian psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan dan menjelaskan struktural dalam novel Alun Samudra Rasa; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan aspek kepribadian  tokoh  utama  novel  Alun Samudra  Rasa  berdasarkan  teori  psikoanalisis Sigmund  Freud; 3) mendeskripsikan  dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn; 4) mendeskripsikan dan menjelaskan serta relevansinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Jawa di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah berupa  kata-kata,  kalimat,  dan dialog antar tokoh  yang terdapat  dalam sumber data novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik simak, catat, wawancara, dan angket. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah menelusuri aspek kepribadian tokoh utama dan identifikasi nilai pendidikan karakter

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat struktur novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, yaitu tema (sosial) tokoh dan penokohan (Intan Purnami memiliki karakter pekerja keras, mandiri, ulet, sederhana, berbakti kepada orangtua), alur (campuran), setting (tempat: Semarang dan Yogyakarta, waktu: pagi, siang, dan malam, sosial:kebiasaan hidup dan adat istiadat Intan yang menjunjung tinggi kerendahan hati dan kesopanan), sudut pandang (menggunakan sudut pandang orang ketiga “dia” maha tahu) dan amanat (secara tersirat, yaitu harus tegas dalam menentukan pilihan dan berusaha sabar dalam menghadapi masalah); 2) aspek kepribadian tokoh utama novel Alun  Samudra Rasa karyaArdini  Pangastuti  Bn  berdasarkan  teori  psikoanalisis Sigmund  Freud yang meliputi unsur kejiwaan id, ego, dan super  ego yaitu id Intan menginginkan  untuk pulang ke rumah orang tuanya  karena permasalahan  hidupnya. Ego Intan ketika suara hatinya berkata antara pulang atau tidak. Super egonya ketika Intan  berpikir takut akan keadaan orang  tuanya.   3)  terdapat  nilai-nilai  pendidikan karakter novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti Bn, yaitu nilai agama/religius (Intan bertaubat ketika mendapatkan masalah), kejujuran (Intan selalu berkata jujur dengan siapapun), toleransi (Intan selalu menghormati orang lain demi menghindari pertengkaran), disiplin (Intan selalu patuh terhadap aturan kantor), kerja keras (Intan selalu bersungguh-sungguh  dalam bekerja), mandiri  (Intan tidak pernah menggantungkan pekerjaan dan masalahnya terhadap orang lain), dan gemar membaca (Intan selalu meluangkan wkatunya untuk membaca) ; 4) serta relevansi materi ajar bahasa Jawa di SMA sesuai dengan kurikulum dan silabus karena novel Alun Samudra Rasa  ini  mengandung  unsur-unsur  pembangun  dan nilai  pendidikan  karakter  sesuai dengan   indikator   pencapaiannya,    yaitu   menemukan   unsur   pembangun   novel, menemukan nilai yang terkandung dalam petikan teks novel, dan mengevaluasi pitutur luhur dalam petikan teks novel.
Kata Kunci : psikologi sastra, kepribadian tokoh, dan pendidikan karakter

×
Penulis Utama : Gayuh Risdian Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S061502005
Tahun : 2018
Judul : Aspek Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN serta Relevansinya dengan Bahan Ajar Bahasa Jawa di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikn Bahasa Jawa-S061502005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M. Pd.
2. Dr. M. Rohmadi, S.S., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.