Penulis Utama : Mujahid Zenul Ambiya
NIM / NIP : C0214045
×

ABSTRAK

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini, yakni kurangnya penelitian sintaksis yang memperhitungkan nomina predikat dewasa ini. Padahal, dalam bahasa Indonesia, terdapat kalimat yang menggunakan nomina predikat. Hal ini menjadi penting untuk keberlangsungan pengajaran sintaksis, terutama kajian fungsi.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (i) Bagaimanakah ciri nomina yang menduduki predikat dalam bahasa Indonesia? dan (ii) Bagaimana nomina yang menduduki predikat dan subjek dalam bahasa Indonesia?
Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yakni: (i) Mendeskripsikan ciri nomina yang menduduki predikat dalam bahasa Indonesia, dan (ii) Menjelaskan nomina yang menduduki predikat dan subjek dalam bahasa Indonesia.
Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung nomina predikat dalam klausa bahasa Indonesia. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah laman Kompas dan Solopos yang terbit pada Desember 2017Juni 2018. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber data lokasional.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik bagi unsur langsung, teknik sisip, teknik perluas, dan teknik balik.
Simpulan penelitian ini adalah: (i) secara semantis, morfologis dan sintaksis, nomina yang menempati predikat tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan nomina yang menempati subjek, dan (ii) subjek cenderung diakhiri dengan demonstrativa ini atau itu, sementara predikat cenderung bermakna profesi, jati diri atau identitas, atau referensi dari subjek dalam kalimat yang subjek dan predikatnya berkelas kata nomina.

Kata kunci: nomina, predikat, sintaksis.

 

×
Penulis Utama : Mujahid Zenul Ambiya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214045
Tahun : 2018
Judul : Nomina Predikat dalam Klausa Bahasa Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia-C0214045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hesti Widyastuti, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.