Penulis Utama : Muhammad Sahal
NIM / NIP : S861608014
×

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan model pembelajaran sejarah di SMA Unggulan BPPT Al Fattah, (2) Mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis pendidikan multikultural di SMA Unggulan BPPT Al Fattah, (3) Mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran sejarah berbasis pendidikan multikultural melalui pendekatan VCT (Value Clarifcation Technique).
Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analyzie Desaign Development Imlementation Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, angket dan test prestasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektivitas model. Analisis data kelayakan model menggunakan skala Lingkert dengan rentang 5 sedangkan uji efektivitas model menggunakan uji t.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa; a. Berdasarkan model yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Uggulan BPPT Al-Fattah Lamongan masih menggunakan model pembelajaran konfensional sehingga pembelajaran disekolah kurang terkonsep; b. Pemahaman siswa mengenai sikap toleransi masih sangat rendah; c.  pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis pendidikan multikultural sangat dibutuhkan di SMA Unggulan BPPT Al-Fattah. d. Menyajikan tujuan dan memotivasi, menyajikan materi dengan pendekatan masalah, membimbing kelompok belajar, menyusun dan memilih strategi pemecahan masalah, evaluasi proses pemecahan masalah.
Hasil Validasi oleh pakar dijadikan pertimbangan untuk menyempurnakan model yang dikembangkan sebelum diujicobakan. Hasil uji validasi model diperoleh nilai sebesar 3,7 (baik), validasi RPP diperoleh nilai 4,8 (baik), validasi materi diperoleh nilai 3,8 (baik) dan validasi soal dengan nilai 3,8 (baik). Hasil Pada uji t diperoleh nilai 3,641 dengan signifikansi 0,000<0>

 

×
Penulis Utama : Muhammad Sahal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861608014
Tahun : 2018
Judul : Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan VTC (Value Clarification Technque) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861608014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.