Penulis Utama : Wira Yulihara
NIM / NIP : B3215057
×

ABSTRAK

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang peran mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata dalam pelaksanaan UNS Tourism Expo 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam pengelolaan acara,kendala yang dihadapi ketika event dan solusi dalam menanganinya.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pengelolaan serta peran mahasiswa dalam Event UNS Tourism Expo 2017. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara bebas atau wawancara tidak terstruktur dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini adalah peran mahasiswa program D3 Usaha Perjalanan Wisata dalam pengelolaan event melalui beberapa tahapan, yaitu pertama adalah tahap praevent. Kemudian tahapan yang kedua yaitu pelaksanaan event.Tahapan ketiga yaitu pasca event.dalam pengelolaan event terdapat kendala dan solusi dalam menghadapinya. Peran mahasiswa melibatkan tiga stakeholder, antara lain adalah pengisi stand, pengunjung dan penyelenggara (mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata)
Kesimpulan yang dapat diambil adalah dalam proses pelaksanaan hingga pasca event, segala sesuatunya terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir acara. Dengan adanya kerjasama serta dukungan dari Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata dan mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam berjalannya event tersebut. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pengelolaan event ini, namun semua kendala yang ada tersebut dapat ditangani dengan baik sehingga dapat dikatakan bahwa event ini berjalan dengan lancar dan sukses seperti yang diharapkan.


Kata Kunci : Tourism, Expo, Pengelolaan Event

 

×
Penulis Utama : Wira Yulihara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215057
Tahun : 2018
Judul : Peran Mahasiswa Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata dalam Penyelenggaraan Acara Studi Kasus Event UNS Tourism Expo 2017 di Solo Grand Mall Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Usaha Perjalanan Wisata-B3215057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugiman, S.E.,M.M.
2. Deria Adi Wijaya, S.ST. M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.