Penulis Utama : Retna Murtiningsih
NIM / NIP : S861602028
×

Proses penyerapan informasi dan pengetahuan yang dipelajari oleh siswa membutuhkan media. Kehadiran media pembelajaran sangat penting untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran, karena media dapat memperjelas informasi yang disampaikan oleh guru. SMP Negeri 4 Surakarta termasuk salah satu sekolah yang berbasis CBT artnya di sekolah tersebut guru menggunakan Computer Based Training sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran CBT sebagai media pembelajaran IPSpada siswa kelas VII di SMPN 4 Surakarta; (2) mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis CBT yang dilakukan secara kolaboratif oleh guru dan siswa di kelas; (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi pembelajaran berbasis CBT; (4) menggambarkan kelebihan dan kelemahan pembelajaran CBT sebagai media pembelajaran IPS.
Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan Teknik purposive sampling. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber, trianggulasi metode, trianggulasi peneliti dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan pembelajaran guru menentukan SK dan KD, merancang metode, membuat RPP, menyiapkan media, dan membuat pertanyaan; (2) Dalam proses pembelajaran terdiri empat tahapan kegiatan, yaitu: (1) Pendahuluan; (2) Kegiatan Inti (Mengamati, Menanya, Mencari Informasi, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan); (3) Penutup; (4) Penilaian.
Pembelajaran berbasis CBT yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS telah menunjukkan bahwa CBT sebagai media pembelajaran IPS terbukti efektif, dengan hasil prestasi siswa rata-rata telah dapat mencapai batas KKM, bahkan banyak yang berhasil melebihi target pencapaian KKM.
Pembelajaran berbasis CBT memiliki kelebihan dan kelemahan, bahkan terdapat adanya kendala sarana dan prasarana yang mahal. Semoga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk merumuskan rekomendasi di masa depan.

 

×
Penulis Utama : Retna Murtiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861602028
Tahun : 2018
Judul : Computer Based Training (CBT) sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861602028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.