Penulis Utama : Ady Cahyono
NIM / NIP : S061502001
×

Abstrak

Penelitian ini  memiliki tujuan untuk : 1) Mendeskripsikan  juga menjelaskan struktur intrinsik pada beberapa cerita cekak dalam antologi cerita cekak Pralambang karya Ardhini Pangastuti BN. 2) Mendeskipsikan dan menjelaskan nilai Benci dan Cinta yang terkandung pada beberapa cerita cekak dalam antologi cerita cekak Pralambang karya Ardhini Pangastuti BN. 3) Mendeskripsikan serta menjelaskan relevansi terhadap pembelajaran bahasa Jawa serta moral di SMKN 2 Pacitan.
Bentuk penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan penjabaran data berupa analisis struktural, analisis wujud nilai Cinta dan Benci dalam  cerita  cekak,  serta  relevansi  dalam  pembelajaran  di  SMKN  2  Pacitan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik baca, kemudian teknik catat, serta dilengkapi dengan teknik wawancara. Keabsahan data menggunakan validitas isi dan reliabilitas inter-rater yang mengandung maksud cara membaca dan meneliti diulang berkali-kali kemudian didiskusikan dengan orang lain yang paham dan menguasai dengan bab yang dikaji.
Hasil penelitian yaitu 1). Beberapa cerita cekak pada antologi cerita cekak Pralambang yang menjadi objek penelitian memiliki unsur struktural yang saling melengkapi dan berkaitan dalam setiap cerita cekak. 2). Wujud nilai Cinta dan Benci yang terkandung dalam setiap cerita cekak yang menjadi objek penelitian.
3). Cerita cekak dalam antologi cerita cekak Pralambang karya Ardhini Pangastuti
BN relevan untuk dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas XII di  SMKN  2 Pacitan  serta  pembelajaran  moral  Cinta  dan  Benci.  Hal  ini dikarenakan dalam cerita cekak yang terdapat dalam antologi cerita cekak Pralambang  memiliki  unsur  pembangun  cerita  serta  nilai  pembelajaran  yang dapat diterapkan dalam kehidupan.

Kata Kunci : Cerkak, Cinta dan Benci, Relevansi

×
Penulis Utama : Ady Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S061502001
Tahun : 2018
Judul : Cinta dan Benci dalam Antologi Cerita Cekak Pralambang Karya Ardini Pangastuti BN dalam Materi Ajar Bahasa Jawa serta Moralilas Jawa di SMKN 2 Pacitan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikn Bahasa Jawa-S061502001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.