Penulis Utama : Yohanis Kristianus Tampani
NIM / NIP : S861608027
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Malaka Timur. (2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Malaka Timur. (3) Mendiskripsikan evaluasi atau penilaian pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Malaka Timur. (4) Mendiskripsikan hambatan dan solusi pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Malaka Timur. Pelaksanaan penelitian ini di SMA Negeri 1 Malaka Timur di Kecamatan Malaka Timur Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur. 
Metode yang digunakan adalah bentuk kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus tunggal. Data dan sumber data terdiri dari informan/narasumber (kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru sejarah, dan siswa), proses pembelajaran, dokumen/arsip seperti silabus, RPP, Program Tahunan, Program semester, dan Media Pembelajaran serta fasilitas lainnya yang mendukung penelitian. Data akan diolah melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validasi data dilakukan dengan trianggulasi. Analisis data digunakan model analisis interaktif yang dilaksanakan melalui tiga komponen yakni: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Malaka Timur meliputi (1) Perencanaan pembelajaran sejarah meliputi penyusunan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Program Tahunan, Program Semester, dan perangkat-perangkat lain sudah dilakukan oleh guru sejarah dengan baik dan maksimal. (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Malaka masih menggunanakan kurikulum KTSP dengan Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah bervariasi, Tanya jawab, dan diskusi. (3) Evaluasi atau penilaian yang dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 1 Malaka Timur meliputi penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian formatif itu berupa tugas-tugas, ulangan harian, dan keaktifan saat mengikuti pelajaran atau pada saat diskusi kelompok. Lalu penilaian sumatif ketika ujian tengah semester (MID) dan ujian akhir semester dilakukan untuk menentukan tingkat pencapaian kompetensi. Semua penilaian itu sifatnya internal karena guru sendiri merancang format penilaiannya. (4) Hambatan dan Solusi dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Malaka Timur meliputi sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran, ketersediaan buku guru dan siswa, kinerja guru, dan alokasi jam pelajaran sejarah. Solusinya adalah pihak-pihak terkait baik sekolah dan
pemerintah harus mengevaluasi ulang dan memperhatikan setiap kurikulum yang dipakai di setiap sekolah sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan.

 

×
Penulis Utama : Yohanis Kristianus Tampani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861608027
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pembelajaran Sejarah di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Studi Kasus SMA Negeri 1 Malaka Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861608027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.