Penulis Utama : Yusuf Perdana
NIM / NIP : S861608024
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemahaman guru sejarah terhadap pendidikan multikultural. 2) Bagaimana latar belakang sosiokultural siswa di SMA Negeri 3 Surakarta. 3) Perencanaan pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan pendidikan multikultural di SMA Negeri 3 Surakarta. 4) Bagaimana implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Surakarta. 5) Bagaimana dampak implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Surakarta.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Surakarta antara bulan November 2017 hingga Januari 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen RPP, silabus serta mengamati tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada guru mata pelajaran sejarah, siswa, serta guru atau pihak lainnya yang mendukung informasi, observasi langsung, analisis dokumen, teknik sampling dengan selektif mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki informan yakni guru mata pelajaran sejarah, siswa, serta guru atau pihak lainnya. Uji validitas data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode, teknik analisis data dengan alur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pemahaman yang dimiliki oleh guru sejarah mengenai pendidikan multikultural sangat baik (toleransi, motivasi, adil dan kerja sama). 2) Latar belakang sosiokultural siswa di SMA Negeri 3 Surakarta sangat beragam baik dari segi agama, suku, budaya hingga kelas sosialnya. 3) Dalam perencanaan pembelajaran sejarah SMA Negeri 3 Surakarta sudah mengintegrasikan pendidikan multikultural. 4) Implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah sudah dilaksanakan dengan lancar dan baik oleh guru mata pelajaran sejarah. 5) Dampak implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Surakarta adalah hubungan toleransi yang berjalan dengan baik dan maksimal.

 

×
Penulis Utama : Yusuf Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861608024
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861608024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.