Penulis Utama : Atika Nikmah
NIM / NIP : S021602009
×

ABSTRAK

Latar belakang: Pneumonia adalah penyakit menular dengan morbiditas dan mortalitas tinggi yang menyebabkan satu dari lima kematian pada anak di bawah lima tahun di seluruh dunia. Sekitar 61 juta kasus pneumonia baru terjadi setiap tahun di Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor biopsikososial risiko pneumonia pada balita di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan rancangan kasus kontrol. Penelitian dilakukan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dari Oktober hingga November, 2017. Subjek penelitian dipilih dengan fixed disease sampling yang terdiri dari 68 anak balita dengan pneumonia dan 136 tanpa pneumonia. Variabel dependena adalah pneumonia. Variabel bebas adalah paparan asap dalam ruangan , kualitas lingkungan, status gizi, ASI eksklusif, stres kehamilan, jumlah anak, perilaku sehat, jenis persalinan, kualitas rumah, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur.

Hasil: Risiko pneumonia meningkat dengan paparan asap dalam ruangan (b? 2.57; 95% CI? 1.54 hingga 3.60; p< 0 xss=removed xss=removed xss=removed>

Kesimpulan: Risiko pneumonia meningkat dengan paparan asap dalam ruangan, namun menurun dengan lingkungan rumah yang baik, perilaku sehat, dan status gizi yang baik.

 Kata kunci: faktor risiko, pneumonia, balita.

×
Penulis Utama : Atika Nikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021602009
Tahun : 2018
Judul : Faktor Biopsikososial yang Berpengaruh Terhadap Risiko Kejadian Pneumonia pada Balita di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Kesehatan Masyarakat-S021602009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes
2. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.