Penulis Utama : Imam Syafii
NIM / NIP : S811402056
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan bahan ajar buku digital dan buku cetak terhadap prestasi belajar siswa, (1) perbedaan pengaruh kemampuan awal siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara pembelajaran menggunakan bahan ajar buku digital dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrolTeknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji pra syarat analisis dengan uji kesetaraan yang menggunakan uji t, uji normalitas yang menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas yang menggunakan metode F Levene Statistic.

Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan sumber belajar buku digital dan buku cetak terhadap prestasi belajar Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara, berdasarkan uji F diperoleh F hitung = 13,474 (2) Tidak terdapat perbedaan pengaruh kemampuan awal siswa kategori tinggi, ataupun rendah terhadap prestasi belajar Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara siswa, berdasarkan uji F diperoleh F hitung = 1,222 , (3) Tidak terdapat interaksi antara sumber belajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara siswa, berdasarkan uji F diperoleh Fhitung = 743,548.

Kata Kunci: Buku Digital, Buku Cetak, Kemampuan Awal Siswa, Prestasi BelajarPersiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara

×
Penulis Utama : Imam Syafii
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811402056
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Pengaruh Penggunaan Buku Digital dan Buku Cetak Terhadap Prestasi Pelajaran Ips Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V Sdn Batioh I dan Sdn Batioh Ii Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Teknologi Pendidikan-S811402056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, M.Pd.,
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.