Penulis Utama : Ismanu Dwiyan Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0411030
Tahun : 2018
Judul : Keanekaragaman Makrofauna Tanah pada Berbagai Sistem Penggunaan Lahan di Desa Setren Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Program Studi Biologi-M0411030-2018
Subyek : LAHAN MIRING, MAKROFAUNA TANAH, KEANEKARAGAMAN, PIT FALL TRAP, HAND SORTING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Keberadaan fauna tanah sangat bergantung dengan faktor biotik dan faktor abiotik tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman makrofauna tanah  pada berbagai  sistem penggunaan  lahan,  dan  mengetahui  hubungan  antara faktor lingkungan abiotik dengan keanekaragaman makrofauna tanah di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, kabupaten Wonogiri.

Penelitian ini akan dilaksanakan pada empat stasiun, yaitu pada lahan datar (ekosistem hutan pinus dan ekosistem pertanian hortikultura) serta lahan miring (ekosistem hutan pinus dan ekosistem pertanian hortikultura). Koleksi makrofauna permukaan tanah dilakukan dengan metode pit fall trap sebanyak tiga buah disetiap stasiun yang dipasang selama 24 jam, dan koleksi makrofauna dalam tanah dilakukan dengan metode hand sorting. Indeks keanekaragaman makrofauna tanah dinyatakan dengan  indeks keanekaragaman Simpson.  Perbandingan studi komunitas berbagai sistem penggunaan lahan dinyatakan dengan indeks similaritas Sorensen. Untuk mengetahui hubungan antara indeks keanekaragaman dengan faktor lingkungan abiotik dianalisis dengan korelasi Pearson.

Hasil penelitian  menunjukkan  indeks  keanekaragaman  yang  berbeda-beda. Rata-rata indeks keanekaragaman makrofauna permukaan tanah yang tertinggi adalah hutan pinus lahan miring (0.8401), dan yang paling rendah hortikultura lahan miring (0,7533). Rata-rata indeks diversitas makrofauna dalam tanah yang tertinggi adalah hutan  pinus  lahan  miring  (0,8727),  dan  yang  terendah  adalah  hortikultura  lahan miring (0,7909). Makrofauna tanah yang paling sering muncul dalam penelitian ini adalah dari order Coleoptera dan Hymenoptera.

Kata kunci: Lahan miring, makrofauna tanah, keanekaragaman, pit fall trap, hand sortin

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agung Budiharjo, M. Si
2. Prof. Dr. Sugiyarto, M. Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA