Penulis Utama : Karina Tia Prastika
NIM / NIP : K4314037
×

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains (aspek scientific nomenclature, rules of scientific evidence, postulate of science, scientific disposition, major misconception about science dan, intellectual process skills) dan oral activities (aspek bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan berdiskusi siswa).

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel penelitian diambil meggunakan teknik simple ramdom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukey degan taraf sinifikasi 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains dan oral activities siswa; 2) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains dalam aspek scientific nomenclature, rules of scientific evidence, postulate of science, scientific disposition, major misconception about science dan, intellectual process skills; 3) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan oral activities pada aspek bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan berdiskusi siswa; 4) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek- aspek kemampuan literasi sains dari yang tertinggi hingga terendah yaitu scientific disposition lebih besar dari postulate of science, kemudian scientific nomenclatur sama dengan postulate of science, major misconception about science dan intellectual process skills; 5) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek kemampuan oral activities dari yang tertinggi hingga terendah yaitu yaitu berdiskusi lebih besar dari bertanya, kemudian berpendapat sama dengan menjawab.

 

×
Penulis Utama : Karina Tia Prastika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314037
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Brainstorming Activity dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Oral Activities Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4314037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Dwiastuti, M.Si.
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.