Penulis Utama : Siti Amalliyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515094
Tahun : 2018
Judul : Administrasi Kearsipan di Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ) Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Manajemen Administrasi-D1515094-2018
Subyek : KEARSIPAN, SUMBER INFORMASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang penting serta dapat menunjang kelancaran pekerjaan kantor. Akan tetapi, dalam arsip masih terdapat banyak masalah yang hingga kini belum dapat dikelola dengan baik oleh suatu instansi ataupun perusahaan. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui Administrasi Kearsipan di Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia.
Pelaksanaan pengamatan dilakukan dengan cara obsevasi berperan aktif yaitu penulis dalam melakukan pengamatan langsung berperan aktif atau ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kearsipan yang ada di Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi,observasi, mengkaji dokumen dan arsip,  dan  perekaman.
Berdasarkan hasil pengamatan di Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia dapat diperoleh bahwa administrasi kearsipan yang dipergunakan di Bagian Arsip Nasional Republik Indonesia adalah pengelolaan surat masuk dan surat keluar, penyimpanan arsip, pemeliharaan,perawatan dan keamanan, penyusutan dilakukan dengan pemindahan dan pemusnahan arsip.
Adapun kesimpulan dari tugas akhir ini yaitu penerimaan dan pencatatan arsip masuk dan keluar di Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia sudah terlaksana dengan baik. Akan tetapi, pada penyimpanan dirasa masih kurang karena ruangan yang kecil membuat arsiparis berbeda ruangan dengan fasilitas yang kurang lengkap. Untuk menghindari bertumpuknya arsip, penyusutan dilakukan dengan cara pemindahan dari unit pengolah ke unit kearsipan dan pemusnahan yang dilakukan dengan cara dicacah setiap tahun sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Kata kunci: Administrasi, Kearsipan, Sumber Informasi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suryarmojo,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP