Penulis Utama : Linda Nurmasari
NIM / NIP : S031602010
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: 1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi DRTA dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi Guided Reading; 2) perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah; 3) interaksi antara strategi pembelajaran yang digunakan dengan minat belajar dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x3, dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran  2017/2018. Sampel dari penelitian ini berjumlah 174 peserta didik dari enam sekolah dasar yang diperoleh melalui prosedur multi-stage sampling. Pengambilan data kemampuan membaca pemahaman dilakukan dengan teknik tes. Sedangkan untuk data minat belajar dengan teknik angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi DRTA dengan Guided Reading. Kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan strategi DRTA lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran dengan strategi Guided Reading. 2) Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi lebih baik daripada kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang memiliki minat belajar sedang. Demikian pula peserta didik yang memiliki minat belajar sedang memiliki kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik dibandingkan peserta didik yang minat belajarnya rendah. 3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat belajar dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

 

×
Penulis Utama : Linda Nurmasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031602010
Tahun : 2018
Judul : Keefektifan Strategi Directed Reading Thinking Activity dan Guided Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berbahasa Jawa Ditinjau dari Minat Belajar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031602010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
2. Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.