Penulis Utama : Rizky Indah Permatasari
NIM / NIP : K5613071
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan  pengaruh pembelajaran menggunakan rintangan tali dan sasaran tembok terhadap keterampilan passing bawah bolavoli pada ekstrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017; (2) Pembelajaran yang baik pengaruhnya antara pembelajaran menggunakan rintangan tali pengaruhnya dan pembelajaran menggunakan sasaran tembok terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli  Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek yang digunakan dalam  penelitian ini adalah siswa Extrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP N 1 Simo tahun 2017. Jumlah siswa adalah 20 siswa, 20 subjek dijadikan sampel penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data keterampilan passing bawah bolavoli. Tes dan Pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan melakukan tes keterampilan (Tes Petak Sasaran). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedan (uji-t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas.

Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh pembelajaran menggunakan rintangan tali dan sasaran tembok terhadap keterampilan passing bawah Bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli  Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017, dengan thitung = 2,739 > ttabel = 2,262; (2) pembelajaran menggunakan sasaran tembok lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran menggunakan rintangan tali terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli  Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan pembelajaran Rintangan Tali) memiliki peningkatan 40,81% leih kecil daripada kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Sasaran Tembok) yaitu 62%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada pengaruh pembelajaran menggunakan rintangan tali dan sasaran tembok terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017, dengan thitung = 2,739 > ttabel = 2,262; (2) pembelajaran menggunakan sasaran tembok lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran menggunakan rintangan tali terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP Negeri 1 Simo Tahun 2017. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan pembelajaran Rintangan Tali) memiliki peningkatan 40,81% leih kecil daripada kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Sasaran Tembok) yaitu 62%.

×
Penulis Utama : Rizky Indah Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613071
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Rintangan Tali dan Sasaran Tembok Terhadap Kemampuan Passing Bawah Permainan Bolavoli pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bolavoli Kelas VII SMP N 1 Simo Boyolali Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5613071-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., Ph.D.
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.