Penulis Utama : Thessa Anial John
NIM / NIP : E0014399
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggung jawab perbankan yang harus dilaksanakan oleh Bank Mega dalam kasus pembobolan dana deposito PT.Elnusa, Tbk serta mengkaji bentuk pelanggaran prinsip kehati-hatian yang dilakukan oleh Bank Mega dalam operasionalnya terkait pencairan dana deposito PT.Elnusa, TBk.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan melakukan pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Berdasarkan hal tersebut, pada penulisan hukum (Skripsi) ini pendekatan dilakukan terhadap kasus berdasarkan pertimbangan-pertimbangan hukum oleh hakim dalam Putusan Nomor 1111K/Pdt.Sus.
Kemudian hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan Bank Mega mencairkan dana deposito milik PT.Elnusa secara tidak hati-hati dan tanpa sepengetahuan PT.Elnusa merupakan tindakan yang melanggar hukum. Bank Mega telah tidak memenuhi kewajibannya terhadap nasabah sebagaimana diatur dalam Pasal 37 B Ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan yang menyebutkan bahwa setiap bank wajib menjamin dana masyarakat yang disimpan pada bank yang bersangkutan. Tindakan Bank Mega telah menimbulkan kerugian baik materiil maupun immateriil sehingga Bank Mega selaku pelaku usaha berdasarkan Pasal 19 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen bertanggung jawab untuk memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan/atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan.

Kata Kunci : Tanggung jawab, prinsip kehati-hatian, bank,  nasabah

 

×
Penulis Utama : Thessa Anial John
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014399
Tahun : 2018
Judul : Tanggung Jawab PT Bank Mega atas Kasus Pembobolan Dana Nasabah (Studi Kasus Pembobolan Deposito PT.Elnusa.Tbk).
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum- E0014399-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H,M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.