Penulis Utama : Apriyanto Dwi Nugroho
NIM / NIP : K3113006
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat wirausaha antara peserta didik berefikasi diri tinggi dan rendah pada kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar. Sebagian peserta didik SMK Negeri 2 Karanganyar mempunyai anggapan bahwa berwirausaha itu mengandung banyak resiko dan tantangan yang besar, sehingga lebih baik bekerja dengan orang lain yang mengandung resiko kecil. Dengan adanya kasus seperti itu maka perlu penekanan pada bidang bimbingan karir, seperti pelayanan pemberian informasi mengenai karir dan pemberian pelatihan ketrampilan.
Penelitian ini merupakan penelitian analisis korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMK N 2 Karanganyar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 102 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah Uji Analisis Independent Sample T-Test. Uji analisis data ini menggunakan SPSS 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan data diketahui pada peserta didik yang minat wirausahanya tinggi mempunyai efikasi diri tinggi, namun juga ada yang mempunyai efikasi diri rendah. Begitu juga dengan peserta didik yang minat wirausahanya rendah mempunyai efikasi diri yang tinggi, namun juga ada yang mempunyai efikasi diri rendah. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat wirausaha yang dimiliki peserta didik kelas XI SMK N 2 Karanganyar tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk efikasi diri peserta didik dikelompokkan menjadi rendah dan tinggi.
Berdasarkan perhitungan menggunakan uji rata-rata, terdapat perbedaan yang signifikan antara minat wirausaha peserta didik yang efikasi dirinya rendah dengan minat wirausaha peserta didik yang efikasi dirinya tinggi, dengan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000.
Kata Kunci : Minat Wirausaha, Efikasi Diri, Peserta Didik SMK

 

×
Penulis Utama : Apriyanto Dwi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113006
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Minat Wirausaha Antara Peserta Didik Berefikasi Diri Tinggi Dan Rendah Pada Kelas XI SMKN 2 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.