Penulis Utama : Fitroh
NIM / NIP : K3113027
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil studi pendahuluan tentang tingkat kebutuhan dan kepentingan terhadap pengembangan keterampilan mengekspresikan perasaan dengan tepat (2) mendeskripsikan hasil studi literatur tentang keterampilan mengekspresikan perasaan dengan tepat mengggunakan teknik assertive training pada peserta didik SMK, (3) menghasilkan prototipe-1 panduan layanan bimbingan keterampilan mengekspresikan perasaan dengan tepat menggunakan teknik assertive training pada peserta didik SMK yang siap diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan kombinasi desain dari Borg and Gall dan Akker. Tahap penelitian ini sampai pada tahap pengembangan prototipe-1 yakni representasi kurikulum yang ketiga yaitu perceived curriculum yang siap untuk diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Studi pendahuluan dilakukan dengan pemberian angket tingkat kebutuhan dan kepentingan terkait layanan bimbingan peserta didik SMK. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pengembangan keterampilan mengekspresikan perasaan dengan tepat menunjukkan hasil yang cukup tinggi yakni 46,64 ?ri 1485 responden mengaku sangat membutuhkan dan 47,07 ?ri 1498 responden menjawab membutuhkan serta 46,15 ?ri 1469 responden mengaku sangat penting dan 47,19 ?ri 1502 responden mengaku penting terhadap pengembangan keterampilan mengekspresikan perasaan dengan tepat.
Hasil penelitian berupa Panduan Keterampilan Mengekspresikan Perasaan dengan Tepat menggukanan Teknik Assertive Training pada Peserta Didik SMK dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai alat untuk melatih peserta didik mengekspresikan perasaannya secara tepat. Panduan berisikan kurikulum layanan bimbingan yang sudah dilengkapi dengan rencana pemberian layanan (RPL). Pemberian layanan bimbingan terbagi dalam empat sesi dengan alokasi waktu 45 menit setiap sesinya. Sesi pertama, pemahaman terkait asertivitas. Sesi kedua, pemahaman cara menyatakan diri melalui kegiatan diskusi. Sesi ketiga, pengembangan perilaku asertif melalui role playing untuk belajar tingkah laku yang baru. Sesi keempat, evaluasi hasil dari tingkah laku yang sudah di uji cobakan/ dipraktikan. Panduan dan lembar kerja peserta didik masih berupa prototipe-1 yang perlu diuji validitas, kepraktisan dan kefektifannya, oleh karena itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menindaklanjuti produk tersebut.
Kata kunci: Keterampilan Mengekspresikan Perasaan, Teknik Assertive Training

 

×
Penulis Utama : Fitroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113027
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Panduan Keterampilan Mengekspresikan Perasaan Secara Tepat Menggunakan Teknik Assertive Training Pada Peserta Didik Smk
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.,
2. Dra. Sri Wiyanti H, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.