Penulis Utama : Boby Anggit Suryawan
NIM / NIP : K7514013
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kepuasan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret atas penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online. (2) Kendala yang dihadapi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret atas penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online. (3) Mencari solusi dalam menghadapi kendala yang dialami mahasiswa Fakultas Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan  Universitas  Sebelas  Maret  atas  penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Sumber data meliputi informan, aktivitas, lokasi penelitian, serta dokumen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling yang dilanjutkan dengan teknik Snowball Sampling. Teknik    pengumpulan  data  menggunakan  teknik  observasi,  wawancara,  dan analisis   dokumen.  Uji   validitas   data  menggunakan   triangulasi   teknik   dan triangulasi sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepuasan mahasiswa PAP FKIP UNS atas penggunaan SIAKAD Online berdasarkan Indikator Kepuasaan Penggunaan Sistem Informasi menunjukkan penilaian yang cukup puas dan berdasarkan penilaian menyeluruh menunjukkan penilaian yang cukup puas. (2) Kendala  dan keluhan yang dihadapi mahasiswa PAP FKIP UNS atas penggunaan SIAKAD Online adalah (a) Kesulitan untuk mengakses pada saat awal dan akhir semester. (b)Terjadi Error pada website SIAKAD. (c) Kurang diperhatikannya fitur konsultasi online. (d) Tidak dapat mengetahui dosen pengampu pada saat pemilihan mata kuliah.(e) Tidak ada pembaharuan tampilan website SIAKAD. (3) Solusi  untuk  mengadapi  kendala  tersebut  adalah  (a)  Mengadakan  sosialisasi dengan syarat fakultas harus melakukan request. (b) Menggunakan manual book bagi pengguna yang telah disediakan pada website. (c) Menyediakan wadah untuk bertukar informasi mengenai masalah yang dihadapi pengguna (d) Melakukan upgrade  kapatistas  server  untuk  mempercepat  akses  .  (e)  Melakukan  migrasi server   database   (f)   Melakukan   pengecekan   jaringan   pada   pengguna.   (g) Dilakukan  maintenance  untuk  memperbaiki  website.  (h)  Mahasiswa diperbolehkan untuk konsultasi secara offline atau tatap muka langsung dengan pembimbing akademik. (i) Menjadikan konsultasi online sebagai syarat pengisian KRS. (j) Dilakukan pembaharuan tampilan SIAKAD secara bertahap.

 

×
Penulis Utama : Boby Anggit Suryawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514013
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kepuasan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret atas Penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Administrasi Perkantoran-K7514013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Cicilia Dyah S I , M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.