Penulis Utama : Didit Agung Prasojo
NIM / NIP : K7411049
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI AP SMK Negeri 1 Sukoharjo dalam mengikuti mata pelajaran mengelola sistem kearsipan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Division  ( STAD) dengan kombinasi tipe pembelajaran Mind Maping.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI APSMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36orang.Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan guru mata pelajaran mengelola sistem kearsipan, peneliti dan partisipasi peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan berupa: (a) observasi, (b) interview, dan (c) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi tindakan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Division  ( STAD) dengan kombinasi tipe pembelajaran Mind Maping dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini terbukti pada siklus I dan siklus II keaktifan peserta didik terus meningkat.Keaktifan peserta didik pada saat pra siklus belum mencapai 80%. Pada Siklus 1 keaktifan mengalami peningkatan pada aspek visual activities61,11%, oral activities55,56%, drawing activities 75%, mental activities69,44% dan emotional activities 75%. Selanjutnya pada siklus 2 keaktifan mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek visual activities94,44%, oral activities91,66%, drawing activities 94,44%, mental activities94,44% dan emotional activities 97,23%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Division  (STAD) dengan kombinasi tipepembelajaran Mind Mapingdapat meningkatkan keaktifan peserta didikpada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan.

 

×
Penulis Utama : Didit Agung Prasojo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411049
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Kombinasi Tipe Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI AP pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Administrasi Perkantoran-K7411049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. C. Dyah Sulistyaningrum I,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.