Penulis Utama : Firda Noor Oktavianti
NIM / NIP : K7514024
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tata ruang kantor di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta. (2) Hambatan dan usaha dalam mencapai kenyamanan kerja pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta. (3) Desain tata ruang kantor yang efektif yang dapat membuat kinerja pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta menjadi optimal.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Strategi penelitian ini adalah studi kasus ganda terpancang. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive sampling dan snow ball  sampling.  Sumber  data  yang  digunakan  adalah  informan,  tempat  dan peristiwa, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif, adapun langkah-langkah model ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penataan ruang kantor di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta belum sepenuhnya menerapkan asas-asas tata ruang kantor yaitu asas jarak terpendek dan asas perubahan susunan kerja. Letak dan jarak meja tamu yang terlalu dekat dengan Kasubbag dan Staf serta letak meja komputer yang cukup jauh membuat staf harus banyak bergerak sehingga tidak efektif. (2) Usaha untuk mencapai kenyamanan kerja di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta adalah faktor non fisik dan fisik. Faktor non fisik adalah rasa kekeluargaan yang dirasakan setiap staf di sub bagian humas dan protokol. Faktor fisik adalah cahaya, ventilasi udara dan AC, warna cat tembok sudah cukup memenuhi  standar  yang  baik  untuk  mendorong  staf  lebih  nyaman  dalam melakukan pekerjaannya. (3) Tata ruang kantor yang efektif untuk ruangan Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta adalah tata ruang yang terbuka dengan penempatan komputer yang diletakkan sesuai dengan kebutuhan staf yang sering menggunakannya. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan staf dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga hasil kinerja staf dapat optimal.

 

×
Penulis Utama : Firda Noor Oktavianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514024
Tahun : 2018
Judul : Analisis Tata Ruang Kantor dalam Mencapai Kenyamanan Kerja dan Optimalisasi Kinerja Pegawai di Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Administrasi Perkantoran-K7514024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hery Sawiji, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.