Penulis Utama : Titik Yuniati
NIM / NIP : K7413160
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh praktik perbankan terhadap peningkatan literasi keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan model pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan yang berjumlah 101 siswa yang dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas XI A sebanyak 34 siswa, XI B sebanyak 34 siswa, dan XI C sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dimana sampel dipilih secara acak. Sampel yang terpilih adalah kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan XI C sebagai kelas kontrol.. Pengumpulan  data menggunakan  instrumen  angket  untuk  mengumpulkan  data mengenai literasi keuangan dan instrumen pedoman observasi untuk pelaksanaan eksperimen berupa kegiatan praktik perbankan. Analisis data menggunakan uji t yaitu Independent-Samples t Test dan Paired-Samples t Test dengan taraf signifikansi ditentukan sebesar 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh praktik perbankan terhadap peningkatan literasi keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan tahun ajaran 2017/2018. Kelas eksperimen menunjukkan skor literasi keuangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil pengujian Independent-Samples t Test menunjukkan nilai t sebesar 4,833 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini juga diperkuat dengan hasil pengujian Paired- Samples t Test yang menunjukkan nilai t sebesar 8,377 dengan signifikansi 0,000.

 

×
Penulis Utama : Titik Yuniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413160
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Praktik Perbankan terhadap Peningkatan Literasi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pedan Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Administrasi Perkantoran-K7413160-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.