Penulis Utama : Hebri Fusi Indrawati
NIM / NIP : K3112035
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan hubungan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambong, (2) bimbingan orang tua terhadap anak pada siswa tersebut, dan (3) kontribusi bimbingan orang tua  pada anak terhadap tingkat perkembangan hubungan sosial siswa tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sambong. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 220 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan wawancara. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan uji t satu sampel, uji satu pihak dengan uji pihak kiri, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan hubungan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambong pada tahun pelajaran 2017/2018 tergolong dalam kategori tinggi, (2) bimbingan orang tua pada anak tergolong dalam kategori baik, dan (3) bimbingan orang tua berkontribusi terhadap perkembangan hubungan sosial siswa sebesar 14,2%.

Kata kunci: bimbingan, orang tua anak, perkembangan sosial.

 

 

×
Penulis Utama : Hebri Fusi Indrawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112035
Tahun : 2018
Judul : Kontribusi Bimbingan Orang Tua Pada Anak Terhadap Tingkat Perkembangan Hubungan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambong Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3112035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soeharto,M.Pd.,
2. Drs. Mudaris Muslim, M. Psi.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.