Penulis Utama : Akhmad Sa’dullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608005
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Media Latihan Teknik Dasar Olahraga Bola Tangan Berbasis Adobe Flash Player
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121608005-2018
Subyek : MULTIMEDIA PEMBELAJARAN, OLAHRAGA BOLA TANGAN, ADOBE FLASH PLAYER
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar belakang penelitian ini belum tersedianya model pembelajaran keterampilan teknik dasar olahraga bola tangan yang dijadikan rujukan untuk membangun kemampuan keterampilan teknik dasar olahraga bola tangan dikalangan pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun media latihan keterampilan teknik dasar olahraga bola tangan berbasis adobe flash player, meliputi opening, passing, catch the ball, dribble, blocking, shoot the ball, goalkeeper training dan stretching, yang semua itu tersusun dalam satu media yang mudah diakses kapanpun, oleh siapapun dan dimanapun, khususnya di SMP Se-derajat di Kabupaten Demak.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan “metode penelitian pengembangan (reasearch and developement).” Penelitian  ini  merupakan  penelitian  dan  pengembangan  dengan  melalui tahap  pendahuluan,  pengembangan  desain  pembelajaran,  produksi,  dan  evaluasi produk.  Setelah  tahap  produksi,  kemudian  tahap  validasi  produk  awal  oleh  ahli media, ahli akademisi dan ahli praktisi.
Hasil evaluasi ahli media untuk komponen penilaian yang mengandung aspek teks, gambar/foto, audio suara, video diperoleh 61%  dari keseluruhan untuk kesimpulan kelayakan terhadap produk. Hasil evaluasi ahli akademisi untuk komponen penilaian yang mengandung aspek kesesuaian, kemanfaatan, keamanan, dan aspek keterlaksanaan diperoleh 85.71%  dari keseluruhan untuk kesimpulan kelayakan terhadap produk. Hasil evaluasi ahli praktisi untuk komponen penilaian yang mengandung aspek kesesuaian, kemanfaatan, keamanan, dan aspek keterlaksanaan diperoleh 97.86?ri keseluruhan untuk kesimpulan kelayakan terhadap produk. Hasil akhir presentase dari semua ahli adalah 81,58?n dapat diinterpretasikan bahwa rancangan produk media latihan teknik dasar olahraga bola tangan berbasis Adobe Flash Player dapat diuji cobakan pada tahap selanjutnya. Hasil uji kelompok kecil untuk komponen penilaian yang mengandung aspek kesesuaian, kemanfaatan, keamanan, dan aspek keterlaksanaan diperoleh 71,25%  dari keseluruhan untuk kesimpulan kelayakan terhadap produk. Hasil uji kelompok besar untuk komponen penilaian yang mengandung aspek kesesuaian, kemanfaatan, keamanan, dan aspek keterlaksanaan diperoleh 87.92?ri keseluruhan untuk kesimpulan kelayakan terhadap produk.
Berdasarkan pada kriteria yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa produk media latihan teknik dasar olahraga bola tangan berbasis Adobe Flash Player layak dan efektif untuk mengembangkan pembinaan ekstrakurikuler olahraga bola tangan di Kabupaten Demak, Hal ini dikarenakan hasil data berada direntang 80 – 100 % untuk klarifikasi presentase kelayakan produk.

Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, olahraga bola tangan, adobe flash player

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana