Penulis Utama : Mutiatus Sholihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213046
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Kurikulum 2013 di dalam dan di Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi di SMA Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Indonesia Singapura)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213046-2018
Subyek : IMPLEMENTASI, PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA, TEKS BIOGRAFI, KURIKULUM 2013
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) persiapan, pelaksanaan  dan  penilaian  pembelajaran  teks  biografi,  (2)  masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran teks biografi, dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran teks biografi dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada kelas X di SMA Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Indonesia Singapura.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada Januari 2017  hingga Januari 2018.  Sumber  data yang  digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA III, dan X IPA I SMA Negeri 1 Surakarta dan siswa kelas X IPA dan X IPS Sekolah Indonesia Singapura. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif.
Hasil   penelitian   ini   adalah   deskripsi   mengenai:   (1)   perencanaan
pembelajaran yang dilakukan guru di SMA Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Indonesia Singapura diawali dengan pengkajian silabus terbaru dari pemerintah, namun belum disertai dengan penyusunan RPP yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013 terbaru (2) pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan RPP yang sebelunya ditulis oleh guru, namun secara garis besar telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, (3) penilaian pembelajaran telah menerapkan pendekatan otentik  sesuai Premendikbud  Nomor  23 Tahun 2016, namun  masih  ada  kekurangan  pada  aspek  keterampilan  di  SMA  Negeri 1mSurakarta,  dan di Sekolah Indonesia Singapura masih  menggunakan penilaian skala 1-10, (4) masalah yang dihadapi adalah guru belum memiliki buku/regulasi yang  dijadikan  sebagai  acuan  dalam  penyusunan  RPP,  keterbatasan  sumber belajar,  keterbatasan  waktu  dan  tempat,  kesulitan  memahami  dan  mengingat materi yang disampaikan guru, rendahnya pemahaman Kurikulum 2013 pada siswa,  dan rendahnya  motivasi belajar  siswa, (5) upaya yang dilakukan yaitu pihak sekolah dan guru berupaya untuk mengikuti perkembangan terkait Kurikulum 2013, penyusunan sistem presensi siswa, dan pemaksimalan fungsi sumber, fasilitas, dan media online yang ada.

Kata Kunci : implementasi, pembelajaran bahasa indonesia, teks biografi, Kurikulum 2013

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
2. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP