Penulis Utama : Dewi Aprilia Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214009
Tahun : 2018
Judul : Pemanfaatan Cerita Rakyat Jawa Tengah sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Karang Malang Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214009-2018
Subyek : UNSUR INTRINSIK, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, CERITA RAKYAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus dan menganalisis data berupa dokumen dengan objek kajian cerita rakyat Jawa Tengah, hasil observasi kelas, RPP dan silabus kelas VII semester genap, hasil wawancara dengan guru dan siswa. Teknik pengambilan subjek penelitian   dengan   purposive   sampling.   Teknik   pengumpulan   data   berupa observasi, wawancara,  dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan pengujian kesimpulan.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  pemanfaatan cerita rakyat Jawa Tengah sebagai penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti menemukan bahwa, pertama, unsur intrinsik cerita rakyat Jawa Tengah didorong oleh karakter tokoh pada setiap ceritanya. Kedua, nilai pendidikan karakter pada cerita rakyat Jawa Tengah yang terdapat  pada tokoh  dapat  ditanamkan  pada diri  peserta didik  dan  diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, pemanfaatan cerita rakyat Jawa Tengah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diawali dengan perencanaan berupa pengembangaan RPP berdasarkan silabus yang telah disusun oleh pemerintah. Setelah perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan memberikan stimulus berupa motivasi. Dalam proses  pembelajaran  ditemukan  kendala-kendala  yang  berasal  dari  guru  dan peserta didik. Kendala-kendala tersebut tidak terlalu mengganggu proses pembelajaran karena guru dapat melakukan upaya-upaya agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

Kata Kunci : unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, cerita rakyat

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Drs. Purwadi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP