Penulis Utama : Denis Rina Kusuma
NIM / NIP : K3211018
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran batik di KUB Batik Sekar dan mendeskripsikan motif batik tulis khas KUB Batik Sekar yang merupakan salah satu lembaga pendidikan informal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan. Sumber data diperoleh dari informan, yaitu ketua KUB Batik Sekar dan anggota KUB Batik Sekar. Kemudian tempat dan peristiwa berupa proses pembelajaran KUB Batik Sekar. Serta dokumentasi berupa dokumentasi proses pembelajaran dan motif batik tulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, pengamatan terlibat dan analisis data dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran di KUB Batik Sekar terdiri dari model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi sebagai cara menjaga kualitas batik tulis yang dihasilkan. Pembelajaran terjadi diantara pengrajin lama dengan pengrajin baru. Motif khas yang dihasilkan yaitu berupa motif padi jagung, bleduk kuwu, api abadi mrapen dan juga motif tunggak jati. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dilakukan sebagai salah satu cara menjaga kualitas batik tulis di KUB Batik Sekar. Pembelajaran juga merupakan usaha meningkatkan perekonomian pengrajin. Motif batik yang dihasilkan berupa gambaran kondisi alam dan wisata kabupaten Grobogan merupakan cara memperkenalkan kabupaten Grobogan.
Kata kunci: batik, proses pembelajaran

 

 

×
Penulis Utama : Denis Rina Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211018
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Batik Di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sekar, Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3211018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Margana, M.Sn.,
2. Dr. Adam Wahida, S.Pd, M.Sn.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.