Penulis Utama : Febriati Dian Mubarokah
NIM / NIP : K3314022
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi materi asam basa serta mengetahui subkonsep dalam materi asam basa yang menjadi miskonsepsi terbesar dan penyebab terjadinya miskonsepsi materi asam basa yang ditemukan pada Siswa SMA Kelas XII di The Demostration School Of Thepsatri Rajabhat University, Lopburi, Thailand.
Data diperoleh menggunakan Three-Tier Test (3T) yang terdiri dari 20 soal dengan mencakup 4 sub-konsep dalam konsep asam basa, yaitu teori asam basa, kekuatan asam basa, konsep pH pada lingkungan serta sifat elektrolit dan nonelektrolit pada larutan asam basa. Data tersebut didukung dengan hasil wawancara semi structured terhadap sampel yang telah ditentukan. Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan untuk menganalisis hasil dari jawaban siswa.
Berdasarkan analisis data, sebanyak 26,84 ?ri 72 siswa SMA kelas XII di The Demonstration School Of Thepsatri Rajabhat University, Lopburi, Thailand mengalami miskonsepsi pada materi asam basa di sub-konsep yang berbeda-beda. Menurut hasil analisis jawaban siswa, siswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub konsep sifat elektrolit dan nonelektrolit pada larutan asam basa, yaitu sebesar 30,56%. Penyebab terjadinya miskonsepsi materi asam basa yang ditemukan pada siswa yaitu berasal dari diri siswa itu sendiri, guru serta metode pembelajarannya.
Kata kunci: Miskonsepsi, Asam Basa, Three-Tier Test

 

 

×
Penulis Utama : Febriati Dian Mubarokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3314022
Tahun : 2018
Judul : Diagnosis Miskonsepsi Materi Asam Basa Menggunakan Three-Tier Test (3T) Pada Siswa SMA Kelas XII Program IPA Di Lopburi, Thailand
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Kimia-K3314022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc
2. Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.