Penulis Utama : Lestian Nurul Ghoniy
NIM / NIP : K3214027
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Latar belakang terbentuknya Jogja Kaligrafi. (2) Proses pembelajaran kaligrafi huruf arab di Jogja Kaligrafi (3) Kendala atau hambatan yang di hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di Jogja Kaligrafi.
Lokasi dalam penelitian ini adalah MA Al-qodir, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen dan arsip. Teknik pengambil penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi data, dan reviu informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Jogja Kaligrafi didirikan pada tanggal 7 Desember 2011. Di dirikan oleh Nurul Huda, S.S., M.Pd.I, berbekal pengalaman beliau mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa, setelah kuliah beliau berkeinginan untuk membuat sebuah wadah bagi masyarakat untuk belajar kaligrafi. (2) pembelajaran kaligrafi dilaksanakan selama empat kali pertemuan, materi menggunakan khat naskhi bersumber dari buku dan internet. Guru menerapkan model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning). Metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode ceramah, demonstrasi dan latihan (drill). Media pembelajaran yang digunakan berupa media cetak berupa buku panduan dan latihan menulis. Evaluasi pembelajaran yaitu guru mengecek hasil karya murid dari segi pewarnaan, kerapian, dan kebersihan. (3) kendala dan hambatan berupa menejemen waktu, sarana prasarana, dan metode pembelajaran.

Kata kunci: kaligrafi, pembelajaran kaligrafi hurruf Arab.

 

 

×
Penulis Utama : Lestian Nurul Ghoniy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214027
Tahun : 2018
Judul : Proses Pembelajaran Kaligrafi Huruf Arab Jogja Kaligrafi, Sleman, Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Seni Rupa-K3214027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd,
2. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.