Penulis Utama : Adityaningrum
NIM / NIP : K4313003
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir fluency, flexibility, dan partisipasi aktif melalui Problem Based Learning di kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Subjek penelitian yaitu 33 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir fluency, flexibility, dan partisipasi aktif siswa kurang optimal sehingga perlu ditingkatkan. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru mata pelajaran biologi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan non tes (observasi, wawancara, dan dokumentasi proses pembelajaran biologi). Uji validitas menggunakan triangulasi data, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian mengikuti metode spiral Kemmis dan Mc Taggart.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir fluency, flexibility, dan partisipasi aktif melalui Problem Based Learning. Peningkatan rata-rata persentase kemampuan berpikir fluency sebesar 38%, kemampuan berpikir flexibility sebesar 38%, partisipasi aktif bertanya sebesar 70%, partisipasi aktif berpendapat sebesar 36%, dan partisipasi aktif berdiskusi sebesar 43?ri prasiklus ke siklus II. Tindakan dihentikan pada siklus II sebab peningkatan yang terjadi sudah mencapai target penelitian, yaitu rata-rata kemampuan berpikir fluency dan flexinility meningkat dari kategori kurang menjadi kategori baik, sedangkan partisipasi aktif meningkat 30?ri base line. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir fluency, flexibility, dan partisipasi aktif melalui Problem Based Learning.
Kata kunci: fluency, flexibility, partisipasi aktif, penelitian tindakan kelas.

 

×
Penulis Utama : Adityaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313003
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Berpikir Fluency, Flexibility, Dan Partisipasi Aktif Melalui Problem Based Learning Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4313003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Dwiastuti, M.Si.,
2. Riezky Maya Probosari,S.Si., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.