Penulis Utama : Azhari Fatikhasuri
NIM / NIP : K4314012
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif group investigation dengan media gadget di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindak kelas yang mengacu model PTK Kemmis dan Mc Taggart (2014) meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Tindakan penelitian berupa sintak group investigation dimulai dari identifying, grouping, investigation, organizing, dan evaluating. Data utama berupa hasil observasi keaktifan siswa dan keterlaksanaan sintaks. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Validasi data dengan metode triangulasi. Analisis data deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri Surakarta dari Prasiklus (41%), Siklus I (60%), Siklus II (78%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif group investigation dengan media gadget dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta.
Kata kunci: keaktifan siswa, group investigation (GI), media gadget

 

 

×
Penulis Utama : Azhari Fatikhasuri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314012
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dengan Media Gadget Di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4314012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Santosa, M.Si,
2. Suwarno, S.Pd., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.