Penulis Utama : Dewi Yulia Ratnawati
NIM / NIP : K4311024
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap BSE materi virus kelas X Semester 1 dan relevansinya dengan hasil belajar di SMA Negeri 8 Surakarta. Analisis BSE materi virus ditinjau dari 5 aspek standar penulisan buku yang terdiri dari: aspek kesesuaian isi, pendekatan belajar, penilaian kontekstual, kebahasaan, dan grafika. Analisis dilakukan dengan menggunakan indikator dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang diambil berdasarkan persepsi siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Guru dan Siswa. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh warga di SMA Negeri 8 Surakarta. Sampel penelitian diambil, yaitu 54 siswa kelas X MIPA dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Data kualitatif dari observasi, wawancara, dan dokumentasi didukung data kuantitatif persepsi siswa terhadap materi berupa skala terhadap aspek-aspek standar penulisan buku yang ditentukan oleh BSNP berdasarkan angket siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap 5 aspek standar penulisan buku pada BSE materi virus adalah sebagai berikut: 1) aspek kesesuaian isi masuk dalam kategori cukup (3,28); 2) aspek pendekatan belajar masuk dalam kategori cukup (3,09); 3) aspek penilaian kontekstual masuk dalam kategori cukup (3,52); 4) aspek kebahasaan masuk dalam kategori kurang (2,96); 5) aspek grafika masuk dalam kategori cukup (3,07). Hasil belajar siswa baik nilai ulangan akhir semester maupun ulangan harian materi virus telah mencapai KKM yaitu 72/70 dan 76/70, atau tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap 5 aspek standar penulisan buku pada BSE materi virus secara keseluruhan adalah cukup. Persepsi siswa tersebut sudah relevan dengan hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM atau tuntas.
Kata kunci : BSE, aspek kesesuaian isi, aspek pendekatan belajar, aspek penilaian kontekstual, aspek kebahasaan, aspek grafika, hasil belajar.

 

 

×
Penulis Utama : Dewi Yulia Ratnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4311024
Tahun : 2018
Judul : Analisis Persepsi Siswa Terhadap Buku Sekolah Elektronik (BSE) Materi Virus Kelas X Semester 1 Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Di SMA Negeri 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4311024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.,
2. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.