Penulis Utama : Mutiara Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313047
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Mengamati Dan Berkomunikasi Melalui Penerapan Problem Based Instruction Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X8 SMA Negeri Kebakkramat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Biologi-K4313047-2018
Subyek : PROBLEM BASED INSTRUCTION, KETERAMPILAN MENGAMATI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengamati dan berkomunikasi siswa melalui penerapan Problem Based Instruction pada Pembelajaran Biologi siswa kelas X8 SMA.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X8 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi keterampilan mengamati dan berkomunikasi, tes keterampilan mengamati dan berkomunikasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Validasi data dengan menggunakan triangulasi metode. Target penelitian adalah peningkatan persentase pada keterampilan mengamati dan berkomunikasi sebesar?30%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan mengamati dan berkomunikasi siswa kelas X8 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan Problem Based Instruction. Peningkatan keterampilan mengamati ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase keterampilan mengamati dari 50,79% pada Pra-Siklus menjadi 66,11% pada Siklus I, selanjutnya meningkat menjadi 81,97% pada Siklus II dalam kategori baik. Peningkatan keterampilan berkomunikasi ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase keterampilan berkomunikasi dari 40,19% pada Pra-Siklus menjadi 54,75% pada Siklus I, selanjutnya meningkat menjadi 77,99% pada Siklus II dalam kategori baik. Target penelitian meningkat ?30% sudah tercapai. Berdasarkan hasil tersebut ditarik simpulan bahwa penerapan Problem Based Instruction pada Pembelajaran Biologi materi Ekosistem secara efektif dapat meningkatkan keterampilan mengamati dan berkomunikasi siswa kelas X8 SMA Negeri Kebakkramat.
Kata kunci: Problem Based Instruction, keterampilan mengamati, keterampilan berkomunikasi, ekosistem.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Mutiara R..pdf
COVER.pdf
2. BAB 1.pdf
3. Bab 2.pdf
4. BAB 3.pdf
5. BAB 4.pdf
6. BAB 5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.,
2. Dr. Suciati, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP