Penulis Utama : Sri Budiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841208007
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Membaca dengan Pembelajaran Berbasis Teks (Text Based Learning)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-T841208007-2018
Subyek : PENGEMBANGAN, BUKU AJAR, KETERAMPILAN MEMBACA, BERBASIS TEKS
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan kondisi buku ajar keterampilan membaca untuk para siswa di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Karanganyar dan mendeskripsikan kebutuhan buku ajar keterampilan membaca tingkat SMP di Kabupaten Karanganyar; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan kebutuhan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks untuk jenjang SMP di Kabupaten Karanganyar; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan pengembangan buku ajar  keterampilan  membaca  berbasis   teks   untuk jenjang  SMP; 4) menguji keefektifan buku ajar keterampilan membaca dengan pendekatan pembelajaran berbasis teks (text based learning) di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karanganyar berdasarkan tanggapan stake holder?
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (Researh and Development/R&D). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling (area random sampling) yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan area (wilayah). Wilayah tersebut meliputi empat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karanganyar. Adapun sampel penelitiannya adalah: SMP Negeri 1 Colomadu, SMP Negeri Colomadu 2, SMP Muhammadiyah 9 Jaten, dan SMP Negeri 1 Karangpandan. Langkah kerjanya menggunakan empat langkah, yaitu; (1) tahap eksplorasi, (2) tahap pengembangan model, (3) tahap pengujian model, dan (4) tahap diseminasi. Pendekatan penelitian yang dilakukan melalui kajian dokumen, observasi, wawancara, dan angket, sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis model interaktif. Untuk pengujian model menggunakan eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku ajar yang digunakan sebelum dilakukan  penelitian,  belum  sesuai  dengan  kebutuhan,  baik  pada  guru  maupun
siswa; (2) Pada tahap pengembangan, penelitian ini menghasilkan prototipe yang yang ditetapkan sebagai dua buku ajar keterampilan membaca berbasis teks untuk guru dan siswa; (3) Hasil uji efektivitas dengan uji anava satu jalan  menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol 1, 2, dan 3. Kelayakan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks, dinilai dengan skala 5, berdasarkan pendapat stake holder pada konponen:  (a) isi: 4,91; (b)  kesesuaian tema: 4, 75; (c) metodologi: 4,58; (d) keterbacaan: 4,83; (e) grafika: 4,75; (f) motivasi: 4, 91; (g) tampilan: 5. (4) Simpulan hasil tahap pengujian model dengan uji anava satu jalur   menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks menghasilkan nilai   yang   efektif   bila   dibandingkan   dengan   model   pembelajaran dengan menggunakan buku yang biasa dipakai.

Kata Kunci : pengembangan,  buku ajar, keterampilan membaca, berbasis teks

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M. Pd.
2. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana