Penulis Utama : Harish Firdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508022
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Bulutangkis Berbasis Media Audio Visual untuk Atlet Pemula di Kabupaten Cirebon (Studi Pengembangan pada Atlet Putra Klub Bulutangis di Kabupaten Cirebon)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121508022-2018
Subyek : TEKNIK DASAR BULUTANGKIS, MEDIA AUDIO VISUAL, PENELITIAN PENGEMBANGAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar belakang penelitian adalah penguasaan teknik dasar bulutangkis; servis pendek backhand, servis panjang  forehand, lob, dan smash yang belum baik dan belum adanya model latihan teknik dasar bulutangkis berbasis media audio visual untuk atlet pemula secara khusus yang diberikan untuk atlet pemula putra klub bulutangkis Kabupaten Cirebon. Penelitian ini untuk  melaksanakan dan  mengetahui hasil analisis  kebutuhan dan  mengembangkan produk awal, melaksanakan dan mengetahui uji ahli dan uji lapangan, dan melaksanakan uji efektivitas produk untuk mengetahui hasil uji keefektivan model latihan teknik dasar bulutangkis berbasis media audio visual pada atlet pemula putra klub bulutangkis di Kabupaten Cirebon.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan  Borg  & Gall.  Adapun langkah- langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam Borg & Gall yakni: (1) penelitian dan   pengumpulan   data   (research   and   information   collection),   (2)   perencanaan,   (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi.
Tahap 1 Pengembangan produk penyajian yaitu video audio visual model latihan teknik dasar bulutangkis; teknik pukulan servis pendek backhand, teknik pukulan servis panjang forehand, teknik pukulan lob, dan teknik pukulan smash. Tahap II adalah uji coba produk. Uji coba yang pertama adalah uji coba ahli dengan satu ahli bulutangkis dengan 20 butir pertanyaan dan satu ahli media audio visual dengan 25 butir pertanyaan dengan hasil kualitas produk ahli materi rerata skor 4,55 kategori “sangat baik” dan kualitas produk ahli media rerata skor 4,14 kategori “ baik” dapat di interpretasikan bahwa rancangan produk bisa diuji cobakan pada tahap selanjutnya. Uji kelompok kecil dengan subjek 7 dan uji kelompok besar dengan subjek 15 menggunakan istrumen angket dengan jumlah pertanyaan 25. Hasil uji kelompok kecil rerata skor 4, 19 “kategori sangat baik”, uji kelompok besar rerata skor 4,39 kategori “sangat baik”. Tahap ketiga adalah uji efektivitas produk dengan membandingkan dua kelompok, kelompok perlakuan dan kelompok konvensional dengan menggunakan pre-test dan post-test desain. Nilai beda untuk masing-masing kelompok berdasarkan tes adalah; jumlah beda nilai tes kelompok eksperimen 14,86 servis pendek backhand, 16,60 servis panajang forehand, lob 18,33, smash
16,26 dan kelompok kontrol 2,20 servis pendek backhand, 17,00 servis panajang forehand, lob
12,80, smash 7,20. Sebagai simpulan akhir dinyatakan bahwa produk terbukti efektiv meningkatkan kemampuan teknik dasar bulutangkis  atlet  pemula  putra klub  bulutangkis  di Kabupaten Cirebon.

Kata Kunci : Teknik Dasar Bulutangkis, Media Audio Visual, Penelitian Pengembangan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana