Penulis Utama : Atyanta Nanda Dhanistha
NIM / NIP : E0014051
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian pembayaran klaim asuransi bagi tertanggung dan hambatan dalam penyelesaian pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor di BRINS General Insurance Cabang Yogyakarta. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  hukum  empiris  yang  bersifat  deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian dan data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen atau bahan pustaka.
Penyelesaian pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor di BRINS General Insurance Cabang Yogyakarta dilakukan melalui tahapan yang telah ditentukan   yaitu   pengajuan   klaim   asuransi   kepada   Penanggung;   pengisian formulir klaim asuransi oleh tertanggung; pemeriksaan dilapangan; serta pembayaran klaim asuransi oleh penanggung kepada tertanggung. Terdapat beberapa hambatan dalam penyelesaian pembayaran klaim asuransi antara lain: kurangnya pengetahuan tertanggung akan isi polis; belum lunasnya pembayaran premi oleh tertanggung; tertanggung melanggar ketentuan peraturan perundang- undangan;  polis  asuransi  hilang;  pembuatan  estimasi  biaya  perbaikan  oleh bengkel memakan waktu lama; tertanggung terlalu lama mengajukan klaim; infomasi yang disampaikan tertanggung kepada penanggung pada saat pengajuan klaim asuransi tidak sesuai dengan fakta. Hambatan-hambatan tersebut dapat menimbulkan pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor melebihi batas waktu maupun dapat menimbulkan penolakan klaim asuransi kendaraan bermotor yang diajukan tertanggung.


Kata Kunci : klaim; asuransi; kendaraan bermotor

 

×
Penulis Utama : Atyanta Nanda Dhanistha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014051
Tahun : 2018
Judul : Penyelesaian Pembayaran Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Bagi Tertanggung (Studi di BRINS General Insurance Cabang Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum- E0014051-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuwityastuti, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.