Penulis Utama : Benny Ibrahim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211015
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Kreasi Lukis pada Media Daun di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3211015-2018
Subyek : SENI RUPA, PEMBELAJARAN, KREASI, MEDIA DAUN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1)  mengetahui Proses pembelajaran kreasi lukis menggunakan media daun di kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo; (2) mengungkap minat siswa kelas XI Bahasa di SMA Negeri 1 Sukoharjo dalam pembelajaran kreasi lukis; 3) menganalisa bentuk karya kreasi lukis menggunakan media daun yang di hasilkan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Ibu Sukanti selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo, serta foto proses pembelajaran, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam   pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebelum pembelajaran kreasi lukis menggunakan media daun dilaksanakan diawali dengan pembuatan RPP, Selanjutnya pembelajaran dilakukan selama empat kali pertemuan dengan penyampaian materi dan proses pembuatan karya yang terdiri dari beberapa tahapan antara lain; pemilihan daun, pencucian daun, perebusan daun, memasukkan ke dalam cairan byclean, pengeringan, penyetrikaan daun, melukis. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) yaitu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa. (2) minat siswa pada pembelajaran kreasi lukis menggunakan media daun dapat dikatakan cukup baik, hal ini ditunjukkan dari tingkat kehadiran, perhatian penuh  dalam  pembelajaran,  kesungguhan  dalam  berkarya,  dan  ketepatan waktu  / disiplin, pemahaman siswa terhadap materi lukis dengan media daun dan kemampuan atau keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat dan menyampaikan ide gagasannya, penguasaan teknik lukis dengan media daun dan kesesuaian karya dengan tema. (3)secara  umum  pembuatan  karya  lukis  menggunakan  media  daun siswa sudah baik dan sudah menerapkan prinsip-prinsip seni rupa.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP