Penulis Utama : Chatarina Rika Ayu Wynda Asmara
NIM / NIP : K5114011
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan kolase biji-bijian terhadap peningkatan kemampuan koordinasi motorik halus siswa cerebral palsy kelas II di SLB Negeri Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A1-B-A2 atau baseline 1-intervensi-baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa cerebral palsy kelas II di SLB Negeri Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Uji validitas menggunakan uji validitas isi. Penelitian ini menggunakan reliabilitas inter-ratter. Instrumen penilaian dalam penelitian telah divalidasikan kepada  tiga ahli dalam bidang materi, konstruk dan media. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang disajikan berupa tabel dan grafik dengan menggunakan komponen analisis dalam kondisi dan antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan koordinasi motorik halus melalui keterampilan kolase biji-bijian dengan mean level sebesar 55,16 pada fase baseline 1 (A1), pada fase intervensi terjadi peningkatan sebesar 70,58, dan terjadi peningkatan yang signifikan pada fase baseline 2 (A2) sebesar 76,5. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan kolase biji-bijian berpengaruh dalam peningkatan kemampuan koordinasi motorik halus siswa cerebral palsy kelas II di SLB Negeri Sukoharjo.

 

×
Penulis Utama : Chatarina Rika Ayu Wynda Asmara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114011
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Keterampilan Kolase Biji-Bijian Terhadap Peningkatan Kemampuan Koordinasi Motorik Halus Siswa Cerebral Palsy Kelas II di SLB Negeri Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.