Penulis Utama : Dita Febriana
NIM / NIP : K5114015
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model project based learning pada materi keterampilan membuat kalung terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018.

Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes lisan dan tes unjuk kerja. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan reliabilitasnya menggunakan Inter-rater reliability dengan kesepakatan Kohen Kappa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan non parametrik yaitu analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test).

Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebelum treatment (pretest) adalah 46,7 , namun setelah diadakan treatmen nilai rata-rata siswa naik secara signifikan menjadi 76,8. Berdasarkan hasil tes statistik dengan menggunakan program olah data SPSS versi 20 diketahui Z hitung adalah 0,012 dan berada dibawah 0,05. Oleh karena itu nilai probabilitas Z hitung dari Uji Rangking Bertanda Wilcoxon lebih kecil daripada probabilitas kesalahan 5% (? = 0,05). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model project based learning pada materi keterampilan membuat kalung efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta.

×
Penulis Utama : Dita Febriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114015
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Model Project Based Learning pada Materi Keterampilan Membuat Kalung Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.