Penulis Utama : Noni Aprilia Bintoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414036
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penerapan Learning Cycle Model dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan Peserta Didik Kelas XI SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Akuntansi-K7414036-2018
Subyek : LEARNING CYCLE, EKSPOSITORI, HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  perbedaan rerata hasil belajar pengantar akuntansi dan keuangan yang menggunakan model learning cycle 7E, learning cycle 5E dan ekspositori peserta didik kelas XI SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental desain “posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI Akuntansi 1, XI Akuntansi 2 dan XI Administrasi Perkantoran 1. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode statistik   deskriptif   dan   inferensial   parametrik.   Pengujian   Hipotesis   dalam penelitian ini menggunakan analisis varian satu jalan (one way anava) dan uji pasca anava (metode scheffe’) dengan taraf signifikan 5%.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  rerata  hasil belajar pengantar akuntansi dan keuangan  yang menggunakan model  learning cycle 7E, learning cycle 5E dan ekspositori peserta didik kelas XI SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Selain itu, dapat diketahui dari hasil uji lanjut pasca anava dengan menggunakan metode scheffe’ yang menunjukkan bahwa: (1) penerapan model learning cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan keuangan; (2) penerapan model learning cycle 5E lebih baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan keuangan; (3) penerapan model learning cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan penerapan model learning cycle 5E terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan keuangan. Ketiga model pembelajaran tersebut mempunyai kualitas yang berbeda, model pembelajaran yang paling baik adalah model learning cycle 7E, disusul dengan model learning cycle 5E, dan model pembelajaran ekspositori.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP